Permainan untuk Merangsang Kinerja Otak Bayi Sejak Dini

contoh mainan perangsang gigi bayi seperti iniPengalaman menjadi orangtua untuk sang buah hati tentu akan menjadikan pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidup, apalagi ketika kita mengasuh dan mendidik anak yang usianya masih di bawah lima tahun. Di masa-masa inilah peran kita sebagai orang tua masih sangat diandalkan dan dibutuhkan, karena mereka belum bisa melakukan banyak hal dengan kemampuan sendiri. Itu sebabnya, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk merawat dan mendidik mereka dengan cara yang benar agar kinerja otak serta kepribadian mereka juga bisa berkembang dengan maksimal. Nah pada artikel kali ini, kami akan menyajikan ulasan mengenai beberapa permainan untuk merangsang otak bayi yang dibedakan menurut umur bayi yang pastinya akan sangat berguna untuk anda. Selamat menyimak!

Permainan untuk Bayi yang Baru Lahir
Permainan untuk merangsang otak bayi yang pertama ditujukan untuk buah hati anda yang baru saja lahir. Beberapa orang masih belum sadar bahwa memberikan permainan yang sifatnya edukatif terhadap bayi yang baru lahir sangatlah penting. Mereka menganggap bahwa bayi yang baru lahir masih belum bisa menyerap apa yang kita ajarkan kepada mereka dengan baik. Permainan untuk bayi yang baru lahir bertujuan untuk merangsang reflek bayi serta untuk membuatnya mengenali anda sebagai ibunya. Caranya, gendong bayi anda di tangan kiri anda dan gunakan tangan kanan anda untuk menyangga kepalanya. Kemudian, panggil nama bayi anda secara perlahan. Jika reaksi yang muncul adalah bayi anda berubah menjadi tegang atau melengkungkan punggung, tandanya dia merasa rangsangan tersebut terlalu berlebihan. Anda bisa mengurangi kegaduhan atau penganggu di sekitar anda dengan mematikan televisi atau radio dan meredupkan nyala lampu. Kemudian, panggil namanya lagi dengan suara yang lebih pelan. Dengan permainan ini, anda bisa menstimulasi kinerja otaknya untuk mengerti darimana arah suara yang ia dengar serta belajar mengenali suara ibunya. Ketika ia mulai menengok ke arah anda, ajaklah ia berbicara dan perhatikan reaksinya saat anda berbicara. Aktivitas ini akan membuat bayi anda lebih mengenali wajah anda dibandingkan dengan wanita-wanita yang lainnya.

Permainan untuk Bayi Berusia 4 bulan ke atas
Salah satu permainan yang bisa anda coba untuk bayi berumur 4 bulan ke atas adalah dengan menggunakan barang-barang baru yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Anda bisa menggunakan rangkaian kunci rumah atau barang-barang lain yang kira-kira akan menarik perhatian bayi. Caranya, goyangkan rangkaian kunci atau benda lain tersebut di dekatnya. Bayi anda pasti akan tertarik dan ingin meraih benda-benda tersebut. Kemudian, sembunyikan barang-barang tersebut ke balik selimut sehingga hilang dari pandangannya. Bayi yang berusia sekitar 4 bulan pasti akan langsung berhenti mencari benda tersebut seakan-akan ia lupa bahwa benda tersebut sangatlah menarik sebelumnya. Seiring dengan perkembangan umurnya nanti, bayi anda akan mulai sadar ketika benda menarik yang ada di depannya hilang. Permainan ini akan membantu anda untuk meningkatkan tingkat keingintahuan bayi sehingga mereka bisa belajar bahwa benda menarik yang mereka inginkan masih ada di sekitar mereka meskipun bentuknya tak terlihat. Permainan ini akan merangsang mereka untuk mencari benda-benda tersebut di sekitar mereka.

– See more at: http://bidanku.com/forum/showthread.php/296-Beberapa-Jenis-Permainan-untuk-Merangsang-Kinerja-Otak-Bayi-Sejak-Dini#sthash.kfidWgut.dpuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: