Nutrisi Balita Ibu Tak Mau Minum Susu

 mata bagus.... ya mataku donkApa Susu Masih Penting untuk Balita?

Balita membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Meskipun balita Ibu sudah makan tiga kali sehari dengan menu diet sehat berimbang, susu dan produk olahannya tetap menjadi salah satu sumber kalsium terbaik baginya. Selain itu, susu merupakan sumber protein, energi, dan berbagai vitamin serta mineral penting bagi pertumbuhan si Kecil.

Kebutuhan Harian

Jumlah asupan kalsium yang disarankan bagi batita (1-3 tahun) adalah 500 mg per hari. Itu setara dengan 2-3 gelas susu atau produk olahannya per hari. Takaran pemberian susu bagi balita adalah gelas/cangkir kecil, yang bisa disertai dengan dua lembar keju atau semangkuk yogurt. Tapi, jangan juga memberikan susu secara berlebihan di atas 500 ml per hari lho, Bu. Supaya mereka tidak kekenyangan dan tetap memiliki selera makan yang baik.

Tips Memberikan Susu Bagi Balita

Hampir sebagian besar balita akan mengalami fase sulit makan. Termasuk keengganan untuk minum susu. Tapi, tentunya Ibu tak boleh begitu saja menyerah. Sedikit memutar akal untuk menyiasati si Kecil adalah bagian dari tugas seorang Ibu. Jika tiba-tiba balita Ibu enggan minum susu, coba deh beberapa tips berikut:

  • Berikan gelas khusus susu dengan desain dan warna menarik. Bila perlu, gelas dengan gambar tokoh favoritnya agar acara minum susu berubah menjadi ritual menyenangkan bagi si Kecil.
  • Coba rubah cara pemberian susu pada si Kecil. Misalnya, jika biasanya ia minum susu hangat, sesekali coba beri susu dingin. Ibu juga bisa “mengemasnya” dalam bentuk milk shake, fruit smoothie, atau puding.
  • Tambahkan susu pada menu sereal makan paginya atau pada jus buahnya.
  • Coba berkreasi aneka menu makanan atau snack yang menggunakan susu, misalnya krim sup, salad, aneka pasta, dan lainnya. Jangan bosan ya mampir ke toko buku atau browsing resep-resep balita di internet agar Ibu makin kreatif.

Coba Produk Olahan Susu

  • Keju adalah salah satu makanan favorit anak-anak. Asal Ibu kreatif, keju sangat mudah lho diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Mulai dari makaroni saus keju, hingga sandwich mini. Semua mengundang selera si kecil untuk makan.
  • Yogurt dapat menjadi alternatif snack yang sehat, bahkan bisa jadi bagian dari menu sarapan.

Ibu juga bisa mempelajari lebih banyak tentang seluk beluk balita susah makan di Bebeclub. Tapi, hal penting lain yang sebaiknya Ibu ingat adalah tetap sabar dan rileks menghadapinya. Lihat saja kendala ini sebagai bagian dari tahap tumbuh kembang si Kecil. Jika Ibu rileks, kreativitas akan meningkat dan si Kecil perlahan pasti akan kembali mau mengonsumsi susu dengan cara-cara ajaib dari Ibu!

Tapi, jika Ibu curiga kondisi susah minum susu ini disebabkan oleh gangguan kesehatan, sebaiknya periksakan ke dokter

sumber http://www.bebeclub.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: