Bayi Susah BAB

bayi- heey

BAB bayi yang minum ASI cenderung lebih cair, lebih sering (bisa lebih dari 3 kali sehari) dan berbau agak asam. Hal itu karena dalam ASI terdapat kandungan laktosa dan prebiotik yang disebut FOS (frukto-oligosakarida) dan GOS (galakto-oligosakarida). Prebiotik sebenarnya adalah serat yang larut dalam air.

Frekuensi BAB bayi Anda yang 3 hari sekali, sebenarnya masih normal. Kemungkinan, ASI Anda kurang mengandung FOS dan GOS sehingga frekuensi BAB bayi cenderung jarang. Anda tidak perlu khawatir selama berat badan bayi naik dengan baik. Sayangnya, Anda tidak menyebutkan kenaikan berat badan bayi. Secara umum, kenaikan berat badan pada 3 bulan pertama adalah 750-1000 gram per bulan.

Untuk membantu melancarkan BAB bayi, sebaiknya bayi hanya diberi ASI, tanpa tambahan makanan atau minuman lain. Susui setiap kali bayi minta. Selain itu, juga bisa dilakukan pijatan/usapan di perut dengan minyak telon atau baby oil dari arah kanan bawah ke kanan atas dilanjutkan ke kiri atas ke kiri bawah, secara rutin 15 kali sehari.

sumber http://www.ayahbunda.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: