DZIKIR BULAN RAJAB

Bagi saudaraku yang sedang menjalankan ibadah bulan rajab dengan tujuan untuk pensucian diri, sekedar mengingatkan saja tentang dzikir diwaktu pagi dan sore hari dengan 4 kata yang paling di sukai alloh yaitu “subhanallohi walhamdulillahi wa la ilaha ilallohu allohu akbar”  lalu diteruskan dengan membaca sholawat nabi.
Selayaknya dan memang seharusnya kita dalam berdzikir dapat  memahami dan memaknai apa yang kita ucapkan tersebut, yaitu :

Subhnalloh = maha suci alloh
Bukan berarti kita sucikan alloh dengan kalimat  tersebut, karena  seandainya seisi dunia tidak menyebut atau berzikir itu Alloh tetap saja suci, ini artinya bahwa ucapan itu untuk diri kita. Dengan kata lain kita meminta pada alloh untuk mensucikan diri kita dengan sifatnya yang maha suci tersebut. Khusunya mensucikan hati pikiran jiwa ruhani mata lidah dan smua disucikan dengan sifatnya yang maha suci, sedang badan kita sucikan sendiri dengan aturan yang telah disyariatkan.

Alhamdulillahsegala puji bagi alloh
Misalpun semua manusia dan jin tidak memuji alloh tetap maha terpuji, tetapi menyebut segalapuji bagi alloh itu untuk diri kita agar supaya dengang sifatnya yang terpuji itu alloh hiasi kita dengan sifat sifat yang terpuji. Agar kita punya ahlak dan kelakuan yang terpuji, makna dari kita menyebut Alhamdulillah adalah agar kita mempunyai sifat sifat terpujinya Alloh yaitu kasih sayang pemaaf pemberi dll
La illahaillalloh = tidak ada tuhan selain Alloh
Kalimat ini adalah kalimat penolakan dan  penetapan, yaitu menolak tuhan lain dan menetapkan hanya alloh lah tuhan itu. Dengan dzikir ini kita berharap agar alloh menghilangkan dari diri kita sifat sifat kufur yang merupakan pengingkaran terhadap alloh swt dan agar alloh tetapkan iman pada hati kita, yaitu iman pada alloh dan pada sesuatu yang wajib di imani.


Allhu akbar
= Alloh maha besar
Dzikir ini bermakna agar alloh besarkan kita dengan sifatnya yang maha besar, yaitu agar alloh besarkan sifat sifat baik kita, sehingga kita tidak hanya memiliki sedikit sifat baik,

Allohuma sholi ala syaidina muhamadin wa ala ali syaidina muhamad
Ya alloh sambungkan saya dengan nabi muhamad dan sambungkan saya pada keluarga nabi muhamad
Berharap smoga alloh mensucikan hati kami dan memberikan  kebaikan pada diri kami dari awal hingga akhir

Satu Tanggapan

  1. amien, mudah-muhah membawa perubahan bagi diri saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: