Thariqah


Thariqah adalah jalan.

Maksudnya, salah satu jalan menuju ridla Allah atau salah satu jalan menuju wushul (sampai pada Tuhan). Dalam istilah lain orang sering juga menyebutnya dengan ilmu haqiqat. Jadi, thariqah merupakan sebuah aliran ajaran dalam pendekatan terhadap Tuhan. Rutinitas yang ditekankan dalam ajaran ini adalah memperbanyak dzikir terhadap Allah.

Dalam thariqat, kebanyakan orang yang terjun ke sana adalah orang-orang yang bisa dibilang sudah mencapai usia tua. Itu dikarenakan tuntutan atau pelajaran yang disampaikan adalah pengetahuan pokok atau inti yang berkaitan langsung dengan Tuhan dan aktifitas hati yang tidak banyak membutuhkan pengembangan analisa. Hal ini sesuai dengan keadaan seorang yang sudah berusia tua yang biasanya kurang ada respon dalam pengembangan analisa. Meskipun demikian, tidak berarti thariqah hanya boleh dijalankan oleh orang-orang tua saja.Lewat thariqah ini orang berharap bisa selalu mendapat ridla dari Allah, atau bahkan bisa sampai derajat wushul. Meskipun sebenarnya thariqah bukanlah jalan satu-satunya.

dalam berthariqah seseorang mutlak membutuhkan seorang guru yang di sebut mursyid, karena tanpa bimbingan seorang mursyid yang kamil mukamil maka bisa di pastikan bahwa setanlah yang akan membimbingnya, dan karen mendapat bimbingan dari syetan paka akan tersesatlah thariqatnya, maka menjadi tidak heran bila banyak orang mengaku mendapat amanah atau wahyu dan kemudian memplokamirkan diri sebagai nabi, dan pemahaman yang menyimpang lainnya,

nah, samapi disini. sudahkah kita mempunyai pembimbing seorang muryid? hari gini tidak punya mursyid……..APA KATA DUNIA??

smoga kita dijauhkan dari hal hal yang merusak ibadah kita, amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: